ciri ciri love bird jantan dan betina

hewan peliharaan
10 Perbedaan ciri jantan dan betina burung lovebird kacamata, Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Akurat 99%, Cara Membedakan Ciri-ciri Burung Lovebird Jantan dan Betina

–  ciri ciri love bird jantan dan betina anakan maupun dewasa memang sulit untuk di bedakan mana yang lovebird jantan dan mana yang lovebird betina apabila si penangkar tidak mengetahui teknik dan caranya. Sebenarnya untuk membedakan dari jenis kelamin lovebird itu sangat mudah dan untuk pemula seperti anda pun bisa untuk mengenali jenis kelamin lovebird.

Nah, bagi anda yang masih pemula dan selama ini masih merasa kebingungan untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina,

Jika tidak salah sih diseluruh dunia itu ada sekitar 16 spesies burung lovebird yang sangat terkenal. Dan untuk membedakan semua spesies lovebird tersebut kita bisa menggunakan dengan beberapa patokan diantara dari ciri-ciri khas kelakuan dan bentuk postur tubuhnya. Biasanya burung lovebird jantan lebih mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan lovebird betina.

Hal ini sangat berlaku untuk segala macam jenis burung dan juga mahluk hidup lainnya. Sang jantang akan lebih menonjol besar dan juga kuat jika dibandingkan dengan burung betina. Maka dari itu, untuk membeli seekor burung lovebird, anda harus menguasai teknik dan cara membedakan jenis kelamin lovebird, yang mana nantinya akan sangat berguna sekali bagi anda sebagai penangkar lovebird pemula.

Inilah Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Sebagaimana yang dikutip dari trikburung.com, ada beberapa tanda dan ciri-ciri yang bisa anda lihat untuk membedakan jenis kelamin lovebird tersebut. Agar lebih mendetail lagi dan mudah untuk anda pahami, simak informasi selanjutnya tentang ciri-ciri dari lovebird jantan dan lovebird betina.

Ciri-ciri lovebird jantan

  • Ciri-ciri ini berlaku bagi lovebird bakalan dan juga dewasa, yang mana induk lovebird jantan dibagian kepalanya lebih papak, cepak dan juga merata khususnya dibagian atas kepalanya.
  • Bentuk paruhnya lebih relatif kecil dan agak sedikit kering.
  • Mempunyai bodi yang relatif kecil.
  • Bagian ekornya mempunyai bentuk huruf v.
  • Di bagian supit biasanya jauh lebih kuat, rapat dan sangat keras.
  • Perhatikan saat lovebird sedang bertengger, lovebird jantan lebih mempunyai kaki yang rapat.
  • Mempunyai berat badan yang relatif ringan jika dibandingkan dengan betina.
  • Perhatikan suaranya saat induk jantan ngekek lebih pendek.
  • Lovebird jantan lebih mempunyai gerakan yang agresif, gesit dan juga tidak mau diam.

Ciri-ciri lovebird betina

  • Lovebird betina di bagian kepalanya tidak papar, rata. melainkan lebih besar dan bahkan lebih menonjol serta lonjong.
  • Di bagian paruhnya lebih besar dan cukup basah. Silahkan anda perhatikan dibagian paruhnya.
  • Mempunyai bentuk tubuh lebih besar jika dibandingkan dengan lovebird jantan serta sedikit berbobot.
  • Pada bagian ujung ekornya lebih dominan membentuk huruf U.
  • Mempunyai perilaku lebih tenang dan agak sedikit pendiam.
  • Saat mengeluarkan suara ngekek lovebird betina lebih panjang.

Cara-cara yang sudah dijelaskan di atas bisa anda gunakan sebagai patokan untuk membedakan jenis kelamin dari lovebird baik yang masih anakan maupun juga yang sudah dewasa. Burung lovebird sedikit terbalik dengan burung jenis lainnya, misalnya saja indukan betinanya lebih mempunyai bentuk tubuh yang besar jika dibandingkan dengan bentuk tubuh indukan jantannya. Hampir bisa dikatakan, baha induk jantan lovebird lebih kecil di segala bentuk serta ciri-cirinya, baik kepala, postur tubuhnya dan juga beratnya.

Dengan anda mengetahui Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina tersebut, sebagai pemula penangkar burung lovebird tentunya informasi di atas ini merupakan ilmu tambahan penting untuk anda dan juga penangkar lovebird lainnya jika ingin bisnis penangkarannya berjalan dengan maksimal. Terima kasih banyak…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.