Makanan Utama Lovebird dan Pakan Tambahan

hewan peliharaan

Makanan Utama Lovebird dan Pakan Tambahan – Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat paling mudah dalam tata cara memberi makan pada lovebird, sesuai habitat aslinya, jika burung lovebird ini bisa diberikan jenis makanan dari banyak ragam pakan, baik itu pakan utama ataupun pakan tambahan untuk menguatkan stamina serta tubuh untuk lovebird agar kelihatan lebih segar.

Dalam menata cara pemberian pakan pada lovebird sendiri, akan lebih bagus lagi jika anda menyesuaikan dengan usia lovebird itu sendiri, hal tersebut untuk memudahkan lovebird dalam mencerna jenis makanan yang sudah anda berikan. Di alam liarnya sendiri, lovebird seringkali memakan buah-buahan, sayur-sayuran dan juga biji-bijian, misalnya saja seperti juwawut, milet dan jenis-jenis biji lainnya yang memang mudah serta paling digemari oleh si burung lovebird yakni seperti jagung muda.

 

Menu Makanan Utama Lovebird dan Pakan Tambahan
Sesuai dengan penjelasan yang ada di atas, jika menu makanan lovebir banyak ragamnya, berarti ulasan yang sedang anda simak ini cocok dengan apa yang sedang anda cari-cari selama ini, apalagi anda salah satu penangkar pemula di Indonesia. Jadi, setidaknya informasi dalam artikel ini sangat berguna untuk anda.

Sebagaimana yang dikutip dari trikburung.com, menu makanan utama lovebird ialah sayur-sayuran. Dimana selain menu makanan biji dan buah-buahan, lovebird juga bisa anda berikan menu makanan tambahan berupa makanan dari jenis sayuran, misalnya seperti sawi, bayam, kangkung dan lain sebagainya. Intinya sayur-sayuran yang biasa dikonsumsi oleh manusia.

Selain makanan sayuran, makanan tambahan lain yang bisa anda berikan yaitu buah-buahan. Dimana buah-buahan ini sangat dibutuhkan sekali oleh lovebird sebab banyak kandungan vitamin dan gizi yang sangat tinggi didalamnya. Maka dari itu, alangkah bagusnya lagi tiap hari anda sediakan buah-buahan didalam kandang lovebird.

Selanjutnya, makanan tambahan lainnya ialah biji-bijian. Di habitat aslinya, makanan jenis biji-bijian tersebut merupakan jenis makanan utama bagi lovebird. Biji-bijian ini bisa berupa milet, jagung, juwawut dan juga biji kacang, tetapi dalam kondisi yang masih segar untuk menjaga stabilitas serta kesehatan dari burung lovebird itu sendiri.

Menu Makanan Tambahan Lain Untuk Lovebird
Selain makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas tadi, masih banyak lagi jenis-jenis makanan yang bagus untuk diberikan pada lovebird anda sesuai manfaat serta khasiatnya. Makanan tambahan tersebut bisa berupa asinan yang meliputi tuang sotong dimana kandungan kalsiumnya sangat dibutuhkan sekali oleh burung lovebird. Makanan tambahan jenis ini bisa anda berikan 3-5 hari sekali.

Selain makanan yang kaya akan kalsiumnya, lovebird tersebut juga akan bagus jika anda berikan menu makanan jagung muda, baik direbus maupun juga jagung yang masih muda. Jenis makanan ini sangat cocok sekali jika anda berikan pada burung lovebird yang masih anakan atau masih bakalan.

Karena jagung yang masih muda akan lebih mudah untuk dicerna oleh lovebird anakan yang mana notabenya masih mempunyai struktur tulang yang belum kuat. Jika untuk lovebird yang sedang masa tahap mabung, menu makanan yang terbaik bisa anda berikan ialah telur rebus. Telur rebus mengandung protein tinggi yang dapat membantu daya tahan tubuh burung lovebird agar tetap fress dan bugar.

Menu Makanan Lain yang Harus Dihindari
Lovebird sangat sensitif terhadap jenis makanan yang mengandung banyak gula dan lemak. Untuk jenis makanan yang mengandung kedua jenis tersebut jangan anda berikan pada burung lovebird, baik itu masih anakan maupun sudah dewasa. Hal tersebut akan malah berdampak buruk pada kesehatan burung lovebird itu sendiri. Pasalnya apabila makanan yang anda berikan pada lovebird tak sesuai dengan habitat aslinya, maka akan berdampak pada kematian. Dan hal tersebut inilah yang kerapkali di keluhkan oleh para penangkar lovebird di Indonesia yang tidak mengetahui cara merawatnya dengan baik dan benar.

Selain itu juga, jangan berikan makanan yang mengandung minyak. Lebih baik berikan makanan yang masih segar asli dari alam liar, misalnya seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Demikianlah informasi tentang Makanan Utama Lovebird dan Pakan Tambahan tersebut. Semoga anda bisa memahami dan bisa mempraktekannya dirumah sendiri agar bisnis ternak burung lovebird anda berjalan dengan maksimal.

1 thought on “Makanan Utama Lovebird dan Pakan Tambahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.