Cara Perawatan Lovebird Lutino

hewan peliharaan

Cara Perawatan Lovebird Lutino – Siapa sih orang yang tidak mengenal dengan jenis burung lovebird lutino, burung mungil nan cantik tetapi mempunyai nilai jual yang cukup mahal. Selain itu juga, burung lovebird lutino ini tergolong jenis burung kontesan yang selama ini sudah anyak di buru oleh para orang pecinta lovebird.

Lovebird lutino mempunyai ciri-ciri khas khusus lho. Banyak sebagian orang khususnya yang masih pemula belum mengenal betul ciri-ciri lovebird lutino tersebut, baik dari segi ciri khas-nya, tata cara perawatannya serta pakan harian yang akan diberikannya. Maka dari itu, sebelum anda untuk berniat membelinya, kami menyarankan agar anda lebih mengenali dulu seluk-beluk dari burung lovebird lutino tersebut yang nantinya akan berguna bagi anda dan juga bisa untuk mengantisipasi terjadi hal-hal pada burung lovebird lutino tersebut.

Tips Perawatan Lovebird Lutino

Untuk cara perawatan lovebird lutino bisa dikatakan sudah, asalkan semuanya disediakan maka burung lovebird lutino ini mampu berkembangbiak secara sempurna. Hal yang pertama harus anda siapkan ialah bentuk serta ukuran kandangnya. Silahkan anda pilih kandang sesuai keinginan anda, akan lebih bagus lagi pilihlah kandang yang berdinding besi agar lebih kuat.

Karena spesies lovebird ini tergolong mempunyai paruh yang cukup kuat, jika kandangnya terbuat dari kayu kemungkinan besarnya akan habis dipatuk oleh lovebird lutino tersebut. Ciri khas dari lovebird lutino yang bisa anda lihat ialah dominan warna kuningnya yang disertai warna merah dibagian kepalanya.

Selain itu juga, dibagian paruhnya terdapat warna putih, mata hitam dengan kombinasi warna putih. Dan yang paling populer dipasaran ialah jenis lovebird lutino mata merah, yang mana lovebird jenis ini mempunyai harga jual yang lebih mahal jika dibandingkan dengan warna putih.

Pakan Khusus Untuk Lovebird Lutino

Ingatlah, jenis burung lovebird ini sangat sensitif sekali dan jika salah dalam pemberian makannya, maka bisa menyebabkan sakit dan bahkan berujung pada kematian. Pastikan pakan yang anda berikan setiap harinya kaya akan kandungan gizi serta protein untuk menjaga kesehatan lovebird lutino tersebut.

Untuk pakan buatan pabrik tersebut sudah banyak diperjual belikan di toko maupun pasar burung. Sebagai contohnya pakan jenis ebod lovebird. Selain itu juga, pakan tambahan lainnya harus anda berikan misalnya seperti sayur–sayuran, biji-bijian dan juga buah-buahan. Pakan-pakan tambahan yang disebutkan di atas merupakan pakan alami lovebird di alam bebas.

Perawatan Lovebird Lutino

Sebagaimana yang dikutip dari trikburung.com, perawatan yang biasa anda berikan pada lovebird ialah memberikannya pakan dengan kandungan gizi yang tinggi khusus untuk lovebird lutino yang masih anakan. Khusus yang untuk dewasa dan sudah mampu untuk bersuara bisa anda mandikan 1 hari sekali pada pagi hari saja setelah itu jemur kurang lebih 1 jam saja, kemudian angkat dan anda angin-anginkan lovebird tersebut.

Untuk perawatan dari lovebird dewasa memang tergolong cukup ribet jika anda bandingkan dengan perawatan pada anakan lovebird. Sebab di masa-masa dewasa lovebird harus di masteri untuk memancing suara yang akan dikeluarkannya biar lebih bervariasi dan juga lebih gacor. Namun harus diingat, lovebird lutino sangat sensitif sekali dan berikan kerodong ketika malam hari agar burung tersebut lebih tenang dan nyaman.

Seperti itulah kira-kira Cara Perawatan Lovebird Lutino tersebut. Nah, setelah anda menyimak artikel diatas, kini saatnya anda mempraktekkan cara-cara yang sudah dijelaskan dalam artikel di atas ini. Mudah-mudahan saja bermanfaat dan terima kasih banyak…

 

1 thought on “Cara Perawatan Lovebird Lutino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.